Wednesday, June 20, 2012

Toturial Mengkonversi File Multimedia dengan Any Video Converter

Mengapa kita harus melakukan konversi dari file-file multimedia? Apa sih tujuan dari peng-konversian file-file tersebut? OK, sebelum kita mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, ada baiknya kita mengetahui arti dari kata “konversi” tersebut


Konversi secara singkat bisa diartikan perubahan suatu format file menjadi format file yang lain. Antara format file yang satu dengan yang lain memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, misalnya dari segi ukuran file, aplikasi-aplikasi apa saja yang dapat membuka format file tersebut, dan lain-lain. Jadi dari sedikit pengetahuan tersebut, otomatis kedua pertanyaan di atas telah terjawab.
Khusus untuk aplikasi yang dapat mengkonversi file-file multimedia, sebenarnya banyak sekali bertebaran di internet. Mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar. Mulai dari miskin fitur sampai yang sangat kaya fitur. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, kita dapat menggunakan Any Video Converter. Tidak bermaksud untuk iklan, ya! ^_^V
Any Video Converter sendiri, berdasarkan lisensi yang digunakan, terbagi atas dua jenis yaitu Professional Version dan Free Version. Versi gratis dari AVC yaitu Any Video Converter Free Version mendukung banyak format multimedia. Untuk format videonya seperti AVI, MPEG, WMV, MP4, MKV, FLV, dan SWF. Sedangkan untuk format audionya, AVC Free Version mendukung format MP3, OGG, WAV, AAC, M4A, dan WMA. Cukup mumpuni untuk digunakan sehari-hari dan Anda dapat memakainya selamanya.
Jenis kedua dari AVC yaitu Any Video Converter Professional Version. Memang tidak gratis, namun mendukung lebih banyak format multimedia dibandingkan versi gratisnya seperti format Sony PSP, Apple iPhone, Microsoft Zune, Nintendo Wii, Blackberry, Google Android, dan lain-lain. Anda dapat mencobanya dengan sebuah keterbatasan yaitu hanya dapat mengkonversi file-file multimedia maksimal selama 30 detik pertama.
Anda dapat memperoleh kedua jenis dari Any Video Converter ini dari website resminya di any-video-converter Namun pada contoh kali ini, kita hanya akan memakai aplikasi Any Video Converter Free Version.

Berikut Tutorialnya 
  • Buka video yang ingin Anda konversi dengan meng-klik toolbar yang bertuliskan Add Video >> pilih video >> klik tombol Open


  • etelah itu, Anda dapat memilih format output hasilnya pada menu dropdown di samping kanan atas aplikasi.




  • Bila pengaturan tersebut telah dilakukan maka Anda sekarang bisa mengklik toolbar yang bertuliskan Convert untuk memulai konversi. Tunggu hingga proses pengkonversian video oleh Any Video Converter selesai dilakukan. Perhatikan gambar di bawah ini!
  • Bila proses pengkonversian telah selesai, maka akan muncul kotak pesan yang intinya berupa iklan untuk meng-upgrade ke versi pro-nya. Untuk saat ini, kita klik tombol yang bertuliskan “No, Thanks!”. Kotak pesan ini muncul karena kita menggunakan versi gratis dari Any Video Converter.
  • Anda dapat mengambil outputnya di folder Any Video Converter >> AVI yang berada dalam direktori My Documents. Khusus untuk format AVI, nama file outputnya akan ditambahkan jenis codec yang digunakan dan dipisahkan dengan tanda underscore menjadi [nama-file]_[nama-codec].avi

0 comments: