Friday, August 27, 2010

Trackball Blackberry saya Macet...????

Cobalah tips dibawah ini apabila Trackball Blackberry anda macet.

Pada pagi hari pada saat saya ingin browsing menggunakan hp saya kok ada yang aneh yaitu trackball Blackberry saya macet, macetnya bukan karena lalulintas internet padat ya...hahahaha melainkan karena Trackball tidak bisa digunakan dengan semestinya maksudte tidak bisa scroll kebawah, tapi scroll ke atas, kiri, dan kanan bisa

Wah agak mulai panik ni saya dan rada kesal dengan ketidaktangguhan peranti ini. saya mencobakan diri saya untuk tetap tenang dan berfikir jernih...( ciee ilee hahahaha ), langsung saya coba menanyakan ke mbah saya yang paling hebat dan yang menurut saya dia adalah mbah yang paling tau segalanya karena setiap saya ada masalah atau problem pasti saya menanyakan kepada dia dan dia pasti bisa menjawabnya dengan tingkat keakuratan 85% hebat kan, penasaran pasti mau kenal dengan mbah saya. Namanya mbah google

Akhirnya saya menemukan akibat macetnya scroller ini biasanya karena banyaknya debu atau “daki” yang masuk dan menempel di dalam peranti ini.( daki...jorok amat ya )

Akibatnya, scroler sering ngadat bila digerakkan. Maunya menggerakkan kursor ke kiri, malah lari ke bawah. Bawa saja ke tempat servis? Itu malah merepotkan.

Pertama, saat ini Research In Motions belum mendirikan service center resmi. Yang ada cuma tukang servis ponsel di Mal Ambasador atau Roxy.

Lagipula biayanya tak murah. Mengganti bola scroller ini biayanya Rp 250 ribu.

Ada cara yang lebih murah. Yakni menggunakan minyak kayu putih (hal ini bukan karena BlackBerry masuk angin ya) atau alkohol 70%, karena minyak kayu putihatau alkohol bisa menggerus debu yang menempel di alas scroller.

Caranya, cukup oleskan minyak kayu putih pada cotton bud. Lalu oleskan ke bola scroller. Putar-putar sampai bersih.

Menurut Priyambodo, pengguna BlackBerry jenis Huron, penggunaan alkohol 70 persen lebih efektif ketimbang minyak kayu putih.

Berdasarkan pengalamannya, alkohol membuat scroller lebih bersih dan berputar lebih mulus.

Cara Kedua:

Trackball anda tidak enak, licin ? Mudah sekali solusinya ambil selembar uang baru yang masih dalam ikatan / bendel terus taruh uang itu di atas Trackball ( uang tdk perlu di lipat ) dan gosokan ke segala arah selama 15detik.

Sumber

NB: Kalo menurut pengalaman saya, karena saya sudah terbukti menggunakan cara dengan penggunaan alkohol 70 persen lebih efektif ketimbang minyak kayu putih.




3 comments:

Thanks gan.. akhirnya bb inventory ane nggk jadi rusak.. ane kira rusak tadi..
Makasih.. bermanfaat nih..

sempet ga percaya? cm opsi terakhir sebelum benerin ke service center? coz udh tiga kali bgni terus dan ganti terus...tkz banget ya...trnyata berhasil wlwpun smpet ngakak pas dblg pke uang baru....tkkkzzzzz